http://i1061.photobucket.com/albums/t471/idfoodblogger/Logo/logoblog1memberS_zpsba1a2f45.png

Rabu, 31 Oktober 2012

KBB #4 - CHOCOLATE MERINGUE





Laporan KBB #4
Akhirnya disempeti juga deh bikin si “mereng” ini n termasuk kategori last minute report yha…. Pedehel tantangan kemarin termasuk pelapor awal :o)
Pertama-tama manasin kompor sesuai instruksi, dilanjutkan dengan menyiapkan bahan yang ringkes, gampang n selalu tersedia di dapur.
Kemudian manasin putih telur dan gulanya *saya pakai gula kastor merek Alini yang berbentuk tepung plus harap2 cemas mudah2an gak ada campurannya soale di kemasannya tertulis 100% pure sugar* . Setelah gulanya larut, langsung diangkat dari panci air panas n dikocok pake mikser dg kecepatan sedang selama lebih kurang 8 menit. Kenapa Cuma 8 menit, karena adonannya udah nggak jatuh tuw waktu dibalikin. Terus, masukkin maizenanya, kocok sebentar n dimatiin deh miksernya.
Selanjutnya adalah memasukkan bubuk coklat. Bubuk coklat saya masukkan setengah bagian dulu. Kemudian adonan langsung disendokin beberapa n taruh di loyang. Warna putihnya masih “genjreng” tuw soale coklat bubuknya masih misah. Setelah itu sisa bubuk coklat dimasukkan n adonan dimasukkan ke “piping bag”, potong ujungnya n disemprotkan ke loyang. Saya bikinnya kecil2 soale ndak doyan muanissnya. Kalok dibikin besar, makannya susah abis hehehe…
Dipanggang dengan suhu 100o C selama 60 menit, terus pas di raba lo kok masih rada lembek, akhirnya suhu ditambah jadi 150 selama 15 menit, teruss karena takut gosong di turunin lagi jadi 100 heheheh. Hasilnya si mereng yang dicetak gak pake diaduk coklatnya jadi berubah deh warnanya… pedehel 1 jam pertama warna putihnya masih kinclong lho…
Akhirnya jadilah si mereng dengan rasa super duper muanizz n kriuk abiss. Cuma yang disemprot belakangan adonannya rada mencair tuw n hasilnya ada lelehan gulanya.
Apalagi yha…. Laporan selesai deh… ouwya, creamnya dipakein DCC buat ngimbangin rasa si non mereng yang muanizz bangets
Owya, ini resepnya:
Chocolate Swirl Meringues
Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 putih telur
225g gula kastor
1 sdt tepung maizena
1 sdM coklat bubuk
thickened cream untuk sajian

Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,
setting bake).

Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas
yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal.

Aduk pakai sendok
kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu
angkat dari kompor.

Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.

Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buah meringue kecil-ab). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake), jika yang menggunakan setting bake 120C
tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit
(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan
meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar